Sis Ariyanti

Penulis mengajar di salah satu sekolah swasta Islam di Surabaya. Tepatnya di SMP Al Hikmah. Penulis mulai mencoba menuangkan ide-ide yang dimiliki mulai tahun 2...

Selengkapnya

Satu Semester Terkumpul 40 Juta

Detik-deik menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer kian dekat. Persiapan mulai dari pembekalan akademik hingga sisi ruhiyah anak-anak kelas IX sudah dipersiapkan dengan matang. Jumat, 12 April 2019, seluruh anak kelas IX membagikan paket sembako kepada warga sekitar sekolah. Sebelum USBN, anak-anak juga melakukan kegiatan yang sama, membagikan paket sembako pula. Total paket sembako yang didistribusikan sebanyak 150. "Alhamdulillah, tahun ini infaq anak-anak kelas IX mulai semester 2 terkumpul sekitar 40 juta. Lebih besar dibandingkan dengan tahun kemarin," tutur Ustd Ilyas selaku koordinator jenjang kelas IX.

Anak-anak menyalurkannya langsung kepada para penerima sehingga bisa berinteraksi langsung. Memohon doa restu agar UNBKnya sukses dan ilmunya barakah. Membangun empati dan rasa peduli kepada orang-orang yang tidak seberuntung anak-anak secara finansial diharapkan membekas dalam sanubarinya. Anak-anak bisa menindaklanjutinya sendiri dengan memberikan bantuan kepada orang-orang yang kurang mampu karena sebagian harta yang Allah berikan hanyalah titipan. Apa yang ada ditangan anak-anak dan keluarganya sekadar titipan, dibalik harta yang melimpah sebenarnya ada hak saudara-saudara yang kurang mampu disana.

Mengangkatkan tas berisi sembako ramai-ramai dilakukan. Tiada rasa peluh. Anak-anak semangat. Apalagi bertemu dengan para janda di sekitar sekolah. Diciumnya tangan para ibu satu-persatu. "Mohon doanya ibu. Semoga Unas kami dimudahkan. Sukses dan ilmu kami barokah," kata Dinda sambil mencium salah satu tangan ibu-ibu yang hadir.

Sukses selalu anak-anakku. Ini hanyalah satu bagian ujian yang harus kalian lewati. Ujian sesungguhnya adalah ujian keimanan. Tetap di jalan Allah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Inspiratif, cara penerapan PPK yang tidak hanya text book namun langsung menyentuh pada diri anak. Selamat berkarya. Salam literasi.

15 Apr
Balas

terima kasih Pak Agus Siswanto

15 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali